(P u a s) a.

Lama nggak ngepost sih soalnya jelas ya alesannya:
MALAS



Yah, sebagai cewek sekolahan yang polos, puasa hemat-hemat gitu kan ya, gak boleh buang energi buat teriak-teriak rusuh-rusuhan seperti sedia kala. Sekarang mau ngapa-ngapain aja kan mikir dulu, haduh nanti sampe magrib cukup nggak ya tenaganya? Ah kerjain PRnya kapan-kapan aja deh.

Emang sih cuma alesan, tapi daripada tidak beralasan? Kan tambah keliatan malas.



Kalo kata mamaku,
Hidup tidak segan, mati tidak mau.



Tapi aku hidup segan-segan dong, biar mendidik(?)

Yah, urusannya masing-masing sih. Kalo tentang puasa nih ya, aku ya seneng-seneng aja sih, tapi ya tetep harus hemat energi kan kayak yang aku bilang tadi. Energi itu dibutuhkan buat mikir. Mikir itu paling pol pas pelajaran. NAH, PAS BELAJAR ITU LHO LAPER.

Masa aku mau mikir aja mikir dulu? #hayokon



Prinsipku itu bagus, bagus banget malahan. Prinsip itu sudah aku pakai bertahun-tahun.

Dengan cara kayak gitu, setiap Ramadhan, aku mokel jaraaaaaang sekali. Gatau ya karena emang tahan atau emang gak ada makanan enak yang menggoda HAHA.

Kecuali kalo aku cowok sih. Mungkin aku bakalan tetep main futsal dan dilanjutkan dengan basket sampe bajuku basah keringet tok, dan nggak mokel juga tuh. Nanti pulang sekolah masih ada latian basket, biasa aja. Oiya baru inget, bahkan belum sahur.

Kalo menurutku sih itu aneh HAHAHebat...



Banyak ya kalo menurutku, orang-orang yang mokel itu cuma karena nggak tahan ngeliat temennya makan. Ya trus kenapa kalo temenmu itu nggak puasa? Emang setiap kunyahannya dia itu mengiris-iris lambungmu? Enggak kan? Ya aku tanya aja sih...

Soalnya gini deh kesimpulannya; eman aja.

Kamu udah sahur, banyak, dan siangnya kamu ngeliat temenmu makan chitato. CHITATO MEN. Cuma keripik gitu aja masa bikin kamu kelaperan? Akhirnya kamu memutuskan untuk puasa bedug (eh bedug kan tulisannya? ah) dan buka puasa. Kemudian kamu pamer ke temen-temenmu kalo kamu mokel.

Padahal puasa bedug itu nggak ada mblo....................................

Dan kamu sebenernya kan cuma pengen, bukan butuh mblo..................................

Apalagi pamer, harusnya kamu malu karna kamu mokel mblo.............................................



Yaaa aku nggak nyindir atau apa ya, sumpah, ini bedasarkan survey aja. Aku cuma bilang banyak orang yang kayak gitu. Abis, mereka kalo ditanya kenapa mokel jawabnya gini, "gara-gara dia sih makan di depanku!! Kan aku jadi lapeeerr!"

Atau gini nih, "aku mau di traktir soalnya! Eman kan? Jarang-jarang tau.."

Apa gini, "tadi ada tukang bakso jualan! Baunya enak koooon!"



Just. Just. Stop blaming something else.

Ada orang yang mokel karena dia nggak sahur. Menurutku, ya dia emang nggak tahan kan? Nggak apa-apa sih. Kalo perut kosong kelamaan itu kan bisa jadi penyakit, tambah ribet deh jadinya. Yaudah sih hak nya dia untuk tetap sehat, karena kalo jadinya sakit kan besok-besoknya jadi nggak bisa puasa.

Atau nih orang udah sahur, tapi pas lagi panas-panasnya gitu, dia disuruh lari keliling lapangan sama seniornya. Yang suruh minta tanda tangan lah, nyapu lapangan lah, upacara lah, ini lah, itu lah, pusing laaaahh. Akhirnya dia kehabisan tenaga karena panas dan capek. Nah, nggak puasa aja bisa pingsan, gimana puasa? Jadi ya aku maklumin aja kalo kayak gitu alesannya.

Tetep sih, kalo tahan ya lebih baik lagi. Bisa nahan laper dan haus, bisa nahan amarah pengen protes, dan bisa nahan hawa nafsu pengen pindah sekolah.



Kembali lagi ke kesimpulanku tadi; eman.

Bayangin, kamu sahur banyak-banyak, karena dipikiranmu makan banyak ini biar nanti nggak laper. Padahal pasti laper. Nggak usah dipaksain deh. Sahur ya yang cukup aja.

Nah siangnya, kamu tergoda sama orang makan, kamu ngaku kelaperan, dan kamu mokel.

Se-simpel itu.

Dan kamu makan banyak untuk menutupi rasa laparmu, tapi disisakan dikit biar nanti masih bisa makan takjil di rumah. Atau bahkan mungkin ikutan bukber?

Kita emang selalu mencoba untuk merasa puas. Tetapi tahukah kamu?



Di luar sana, banyak orang-orang yang justru nggak pernah mokel karena mereka sanggup puasa sepanjang apapun.

Mereka udah kebiasa hidup kayak gitu. Ikan lele aja dibagi 3 pas sahur. Nasi juga dibagi-bagi. Kalo nggak ada nasi ya sama nasi sisa kemaren. Bahkan kemaren lusa. Biar enak kasih sambel walaupun dikit, kan biar rasa nasinya jadi enak. Dan juga kerupuk, karena kerupuk murah.

Bisa bayangin nggak?

Mungkin mereka para orang tua berpikir, "ah puasa aja lah. Sekalian nggak ada makanan. Jadi bisa hemat makannya cuma pas sahur sama buka puasa."

Dan anak-anak mereka nggak pernah mokel, karena mereka udah kebiasaan berjam-jam nggak makan sama sekali.



Sekarang kita.

Begitu adzan, serbu meja makan. Ambil ayam satu, ambil ikan satu, kasih tumis, kasih sambel, lauknya lengkap tahu tempe, kerupuknya tiga. Jangan lupakan nasi yang menutupi dasar piring.

Piringnya di taruh depan tv, trus ambil minum. Ambil aqua gelas, ambil sirup satu gelas es-nya enam, ambil juga takjil nya dua jenis, gorengan sama kue.

Begitu pewe dan channelnya tepat, langsung makan langsung minum oiya takjilnya lupa langsung makan takjilnya keburu diambil orang lain dan sirupnya dihabisin keburu diambil orang lain juga. 

Setelah kekenyangan dan makanan belum habis, ngobrol-ngobrol dulu sebentar sambil makan buah dan masih nonton tv. Setelah acara tvnya selesai, makannya dihabiskan dan loh? Maghirbnya sudah habis. Padahal belum sempet sholat. Baru mau sholat aja masih kekenyangan.

Emang jadi orang rakus itu harus, ya?



Ayo kita bayangin jadi mereka.

Begitu adzan, cepet-cepet pulang dari jualan koran maupun kue maupun mainan. Ambil minum dulu, bismillah, semoga puasaku tidak sia-sia ya Allah. Karena takjilnya nggak ada, sholat dulu deh sekeluarga.

Ambil wudhu, ambil sajadah, ambil mukenah, trus sholat maghrib. Masih bisa tahan lapernya soalnya dari dulu kita juga udah kelaperan.

Selesai sholat maghrib, berdo'a dulu. Ya Allah, semoga puasa kami di esok hari Engkau berkati ya Allah. Berilah kami rezeki yang banyak supaya kami bisa berbuka puasa dengan nikmat atas nama-Mu.

Buka puasa deh. Tetep satu lele dibagi 3, tapi Alhamdulillah bisa beli 1 potong ayam, dibagi 4 deh biar semuanya kebagian. Nasi juga dibagi, trus dikasih sambel kemarin. Karena nggak punya lauk lain, pake kerupuk aja deh. Yang penting puas kan?



PUAS.

Cuma itu yang pengen kita penuhin. Rasa puas kita. Padahal faktanya, manusia tidak akan pernah merasa puas, seberapa kaya pun dan seberapa miskin pun.

Kita mungkin puas karena kita mampu beli makanan sekarung buat buka puasa satu hari. Padahal nyatanya enggak. Buktinya kita masih pengen yang lain besok. Pengen yang lebih seger, lebih enak, dan lebih sehat.

Mereka mungkin puas karena mereka udah terbiasa lapar dan haus, udah terbiasa nggak berkecukupan. Padahal nyatanya enggak. Buktinya mereka masih berdoa untuk dilimpahkan rezekinya, karena mereka tahu mereka bukan orang yang berkecukupan.

That was society, and that was why it's ironic.



Aku bisa berpikiran kayak gini karena aku sadar aja. Aku awalnya cuma mikir, apakah aku pantes untuk merasa aku kurang makan sahur? Dan nyatanya enggak. Dari dulu ya sahurku segitu. Dan aku tahan. Berarti hak-ku emang segitu.

Gimana dengan hak-nya orang lain? Hak-nya mereka? Entah kenapa, aku yakin aja mereka berhak merasa berkecukupan. Berkecukupan untuk sahur, buka puasa, dan hidup.

Kalo kamu penasaran, yang membuatku berpikir itu ironis adalah,



Apakah aku,
yang merasa punya hak yang cukup,
sebenernya punya hak yang lebih?

Apakah mereka,
yang sadar tidak punya hak yang cukup,
memimpikan menjadi aku,
walaupun aku hanya sebatas merasa 'cukup'?

Dan apakah hak mereka untuk merasa 'cukup',
sebenarnya ada di hak-ku yang ternyata 'lebih'?

 Apakah mereka pernah merasa puas tanpa memiliki hak sedikit pun?
Apakah aku pernah merasa malu karena setengah dari hak mereka ada di aku?





thattt is whyyyy my mind blowwws like a hundred times a dayyy

Popular posts from this blog

Aku Tidak Ingin Mati Dengan Tenang

Lihat Khianat & Lihat Khianat 2.0