Driver-Driver Yang Tidak Viral

Hello! It has been a while. I remember blogging. I remember my habit to phrase my post’s theme using the food I am eating at the moment. And right now I am having a bunch of Turkish delights with sari gandum biscuit as a… bun, I guess? A Turkish delight burger. Definitely. (and THAT defines WHAT, exactly??? Dunno. Feel free to interpret.)

Oke why am I talking in this language pls somebody stop meehh. Kita bahasa santay aja ya. Santay kek di pantay. Oke stop. Jadi, seperti yang setelah saya janjikan di Line, saya akan menceritakan pengalaman BIIIIASA BANGET ketika sedang dalam perjalanan pulang, di balik punggung seorang driver gojek yang ramah.

GIMANA CERITANYA YA. SUMPA GUE LUPA CARA MENJADI TALKATIVE DALAM BENTUK TULISAN. IM STILL QUESTIONING HOW I COULD BE SO FULL OF SOMETHING DULU PAS RAJIN NGEBLOG. I MEAN I DON’T KNOW HOW TO START, HOW TO TELL, HOW TO FINISH A STORY OR ANYTHING DUH BACOOOOTTT ANYA JUNOR IS SO WEIRD.

OKE JADI GINI GENGS.

Kalian pasti pernah kan naik gojek yang drivernya tuh friendly banget? Ga pernah????? Anjing ndeso banget dah.

Oke pernah???? Beneran???? Nah oke. Look. I know driver friendly itu udah biasa banget sekarang karena siapapun yang dapet driver gojek baik hati dan talkative, mereka akan share pengalaman mereka entah di twitter atau line. Dan kemudian mas atau pak itu menjadi viral. Dan kemudian penulisnya juga jadi viral. Not the way I get there, tbh. But looking at what I’m doing now…… I think I’ll just go with the flow.

Aku pernah dapet gojek yang baik. Bijak, sih. I remember precisely, pas pertama kita ketemu, itu aku lagi di KBU sama anak-anak. Chillin as always. Talking about importantly stupid stuff. Pas itu ada anak FKH bagi-bagi telor rebus gratis kalo ga salah, karena lagi Hari Ayam Dan Telur Nasional. I honestly don’t care, but I want the egg, so I cheered as well and I gained what I deserve. A new pet. A dead pet that has been brutally boiled and transformed into a delicious meal. It’s kinda weird how it’s Hari Ayam but we’re celebrating the beautiful day WITHOUT them…. I mean yeah okay, WITH them, but them as snacks…. But then again I don’t know how to appreciate the existence of a chicken besides eating them.

Back to the gojek.

Aku pesen kan, trus seperti biasa, pas udah dapet aku ditelfon sama pak gojeknya. Karena moodku saat itu sedang luar biasa, maka jawabanku ketika mengangkat telfon pun luar biasa. Luar biasa genit.

AJ: HALLLOOOH ASSALAMUALAIKUM, BAPAK GOJEEKK???? (anak-anak langsung ketawa) (aku kaget dan nutup mulut karena spontanitasku yang bodoh)
G: (ketawa juga) waalaikumsalam mbak penumpaaangg!!

Aku ketawa karena dia ketawa dan kita ketawa karena ini sungguh hari yang indah dan ga ada alesan untuk tidak berbahagia. Paknya bilang dia otw, lalu yasudah aku tunggu. Pas itu aku senderan ke dinding dan teriak (dan meso) karena telor rebusku, yang aku namakan Stefano, jadi penyet karena aku taruh di kantong depan tasku dan aku senderan dan aku lupa dan ya sudah Stefano mati. Trus aku bilang ke anak-anak kalo Stefano mati, trus mereka tertawa, trus Stefano aku makan dan ketika aku sedang mengunyah, si Pak Gojek telfon lagi dan aku menjawab dengan panik karena mulutku penuh kuning telur yang hambar.

Shortly after, aku tos sama semua orang yang ada di meja itu (which is many) trus aku ke Paknya dengan senyum selebar danau toba. Dia juga senyum. Aku jadi senang. Paknya ramah. Ga kaget sepanjang perjalanan dia cerita ke aku tentang banyak hal.

Awalnya nanya jurusan apa. Aku jawab ilmu komunikasi. Dia cerita dia dulu jurusan hukum, dan dia pesen ke aku kalo misalnya nanti udah jadi MC terkenal, jangan pernah tergiur sama uang. Kita harus konsisten sama tujuan kita itu apa, profesi kita tuh apa, dan kita harus selalu ada di jalan kebenaran. Dia bilang tantangannya berat banget emang, tapi kita gak boleh nyoba SATU KALI PUN, karena sekali kita melanggar aturan buat uang, kita bisa ketagihan.

Dia cerita ada temennya yang ngomel karena gajinya turun jadi 20 jutaan. (Aku lupa detailnya. Antara dari 100jt ke 25jt atau gimana, pokoknya turun tapi turunnya tuh tetep mengkategorikan dia sebagai orang kaya-_-.) so anyway dia kecewa banget sama temennya yang enggan untuk… jujur. Jujur itu penghalang bagi kepuasan. Haduh. Rusak sumpah.

Dia nganterin aku pulang dengan berbagai cerita dan pesan, aku nikmatin perjalananku karena I feel linked to this person somehow. But the only thing I could do to memorize him again is to put him in one of my writings, or in this case, in my blog. I immediately wrote the things he told me di Line Keep, tapi aku ga jadi ngepost karena ada beberapa hal yang bukan untuk diceritakan di publik hehe. Aku nulis untuk diriku sendiri karena aku tau, aku gak akan ketemu pak itu lagi.

BUT DUDE.

I WAS TOTALLY WRONG.

BEBERAPA MINGGU KEMUDIAN, AKU KETEMU LAGI SAMA PAK ITU DAN DIA NGANTERIN AKU PULANG! LAGI!

DUDE WHAT THE FUUUCCCKKKK THIS NEVER HAPPENS. THE SAME DRIVER TWICE. THIS IS INSANE.

Aku ga inget sama dia. Blas. Namanya, mukanya, motornya, apalagi platnya. Lupa. Setiap hari aku digonceng 2 orang yang beda. Udah jelas aku gak akan inget. TAPI. ASTAGA. PAKNYA INGET. PAKNYA INGET AKU.

G: siaangg mbak anya
AJ: iya siang pak
G: tenggilis ubaya kan?
AJ: iya pak
G: indopoint belok kiri kan?
AJ: iyaaa
G: pager putih kan?
AJ: (jancok) (…….) (kaget) (……) (bingung) loh, kok tau….? (detik ini aku takut banget karena ngira dia seorang real life stalker dan aku siap melepaskan helm pada saat itu, kemudian mencari driver lain)
G: hahahahahahha saya ingeeett! Kuliah komunikasi kan?
AJ: (inget baru satu kali ngomong jurusan kuliah ke driver gojek) iyaaa. Oalaahh ini pak yang lulusan hukum itu kan?
G: beneerr (senyum)

Dan sekali lagi, aku dianter pulang dengan berbagai ceramah tentang kehidupan. I don’t mind at all karena hidupku cukup membosankan dan aku butuh seorang driver gojek yang bijak. Like why not. Aku juga ga nyangka kalo ternyata aku butuh driver gojek yang genit juga.

Okay well not exactly genit to me, but genit to a lot of girls I think. Ini pak gojek yang tadi aku ceritakan di Line. Sebenernya mas gojek sih. Okay I’ll call him mas gojek. (anyway ini aku eneg banget kebanyakan makan Turkish delight I really wanna die and reset my life so I would never eat too much of this again)

OKE BACK TO THIISSS GOJEK.



I.

Honestly aku lupa sebagian besar dari percakapan kita karena kita bener-bener ngomongin tentang semua hal. Ini beda sama Pak Gojek yang pertama karena kita Cuma ngomongin kuliah dan karir, mentok-mentok ngomongin tentang cita-citaku. Kalo Mas Gojek ini beneran cerewet dan AKUUUU sebagai makhluk yang cerewet juga, jelas nanggepin dia dengan mbahas tentang banyak hal, tentang kebiasaanku untuk TA, trus nyambung ke adeknya yang males kuliah dan sering bolos, trus dia cerita kalo dulu pekerjaan pertamanya dia itu jadi marketing, trus dia nanya pekerjaan ibuku, dan aku bilang agen asuransi, trus dia jadi cerita tentang MMM dan semua usaha asuransi yang sebenernya permainan sugesti karena cuma bohongin orang, (aku ga setuju bagian bohongin orang, dan aku mentolo mbengok DUDE YOU BETTER SAY GOOD THINGS ABOUT MY MOTHER tapi aku gamau debat karena gamau diturunin di jalan).

II.

Aku juga nanya dengan iseng, tentang budaya driver gojek yang habis nge accept orderan langsung nelfon penumpangnya. Aku nanya itu pulsa sendiri apa gimana. Dia bilang iya, dia bilang itu modal driver, tapi gak papa karena tiap usaha punya resikonya. Okay I like your spirit. Trus aku tanya kalo Go-Pay itu gimana, dan dia bilang dia tetep nganter sesuai jarak perjalanannya. Jadi promo itu yang nambahin di Gojeknya sendiri. Misal pas itu aku pulang kan 14rb, si Masnya tetep dapet 20rb, dan 6rbnya subsidi gitu so dia ga rugi kalo aku pake Go-Pay terus sebenernya.

ADA CERITA GEMPAR. Dia bilang, “kan kadang-kadang kasian itu mbak, yang naik gojek. Kan mereka ga bisa ke suatu tempat gitu sampe harus pesen gojek, kasian. Saya pernah dapet penumpang yang ga bisa bayar. Iyaaa mbak, jadi pas udah sampe gitu, dia turun, trus dia bilang, ‘mas saya ga bisa bayar saya utang dulu aja ya, besok saya ganti.’ Trus saya ya gak tega lah, jadinya saya kasih aja, wong itu lho cuma berapa, ya kan…”

Sumpah itu aku kaget banget. Ga pernah terlintas di benakku sama sekali….. ngutang sama driver gojek. Yaallah the best for him please:”)

III.

DIA NGASIH PERTANYAAN KONTROVERSIAL. HAHAHAH.

G: mbak, mending ustad apa driver gojek?
AJ: WADUH… HAHAHAH (aku ketawa dan mengulur waktu supaya bisa mikir) gimana mas?
G: mending jadi ustad apa jadi gojek?
AJ: (aku mikir agak lama. beberapa detik gitu) gimana ya… saya bingung ngomongnya. Kan saya itu agnostik. Jadi saya ga bisa bilang kalo mending jadi ustad lah hahahah. Udah jelas gojek, kalo menurut saya sih
G: (menyimak jalan depan Transmart dengan seksama)
AJ: karena gini sih… ustad itu kan gelar ya? Gelar yang dikasih masyarakat. Sekarang tuh saya takutnya orang malah menyalahgunakan agama buat kepentingan duniawi aja. Jadi prestis. Jadi sumber uang juga. Kan itu justru kontradiksi. Wong kamu lho gak bawa namamu ke akhirat, gak bawa duitmu. Kan aneh
G: mwasoookkk
AJ: jadi saya ya mending gojek. Gojek ya gojek aja. Udah. Gak munafik gitu lho. DAN MEMANG NGGAK SEMUA ustad kayak gitu…. Tapi kan, sekarang banyak kasus. Buat apa coba jadi ustad kalo kamu cabul? Itu udah jahat banget kalo menurut saya sih. Bego. Apalagi kalo udah pake embel-embel “kamu mau pahala gak? Kalo mau ayo nurut saya.” Kan apa-apaan tuh????? Sistem pahala dosan dipake buat bisnis. Buat nafsu
G: nah iya mbak saya juga gak suka sama orang yang kayak gitu. Atau sama orang yang kalo sedekah bilang-bilang. Lakyo, mbok di pek dewe ae (disimpen sendiri aja) kenapa sih? Dia berbuat baik biar bagus di mata orang
AJ: lah iya. Pahala jadi duniawi gitu kan hahahah aneh

Aku sama Masnya ketawa sinis, semacam meratapi kebenaran yang sayangnya… susah dilunturkan.

IV.

Oya dia bilang juga kalo Gojek kerjasama sama Telkomsel jadi nomernya harus telkomsel gitu but that fact wasn’t really interesting so we talked about other things, dan aku juga cerita tentang driver gak bondo (gak modal, red) yang gak nelfon aku, gak ngeSMS, dan malah WA. Aku dimarahin sama Mas Gojeknya. Bilang itu bahaya. Dia langsung ‘waahh wah waahh’ gitu, respon yang mengindikasikan sikap tidak suka. Dia geleng-geleng trus bilang aku suruh hati-hati. Aku bilang, dia ga ngechat apa-apa lagi kok. Dan emang iya. I mean dude. What do you want dari seonggok anya junor? A spend a night with anya junor, and you will get suicidal thoughts instead of sexual desire.

So anyway. Dia bilang itu ga sopan buat seorang driver ngechat penumpangnya pake WA. Meskipun itu darurat. Tapiiii, dia bilang, kalo penumpangnya sendiri yang ngechat lewat WA, baru boleh direspon.

And THAT, my friend, is the key to our story.

Dia cerita ada penumpangnya yang ngechat dia terus. Nanyaaaa terus. Nanya kabar dan ngabarin. Masnya cerita seolah dia gak bangga dengan hal ini. Bukan prestis. Dia murni cerita aja. I don’t think he’s interested sama penumpang ini, tapi begitu aku tanya-tanya lagi, aku akhirnya mendapatkan info kalo ternyata mereka udah pergi bareng gitu….. LIKE WTF.

FTV BANGET KAN?

Mas Gojeknya bilang, si Mbaknya ini kalo mau minta jemput ya tinggal bilang. “Maass, anterin aku poo,” gitu. Di chat. Udah gak lewat aplikasi lagi. Trus akhirnya chat. Dan sama Masnya ya diladenin.

Mbak (Mas Gojek mengimitasi): he, sudah makan ta?
Mas: belom
Mbak: mau sakit ta?
Mas: hehe yawes yawes aku makan…
Mas (bilang ke aku di dunia nyata): padahal aku ya gak makan

Mungkin mereka emang jodoh. Yang pastinya mereka udah ada link satu sama lain. Nyambung, lah. Ya gila apa sampe sekarang masih chat (dari cerita masnya kayaknya udah berminggu-minggu deh mereka). Banyak kemungkinan sih. Sebagai seorang penyair dengan imajinasi liar, aku bisa membayangkan sosok cewek matre yang cuma pengen memanfaatkan Mas Gojek ini tadi. Exactly sebagai supir. Di sisi lain aku melihat sosok playboy di Mas Gojek ini dan memanfaatkan tubuhnya mbak-mbak tadi buat dipamerin entah depan teman-temannya atau tetangganya. Bah. Gak urus se.
Tapi aku jadi kebayang gitu lho.

Aku bener-bener gak percaya sama kisah cinta antara driver dengan penumpang. Setelah masnya cerita, aku tambah gak percaya. Aku gak ngeliat tanda-tanda Masnya ini jatuh cinta YA MEMANG KITA BARU KENAL TAPI KERASA LAAHH KALO ORANG LAGI KESENGSEM NGOMONGIN GEBETANNYA ITU KAN BEDA dan aku gak ngerasain itu. Mungkin mereka temenan aja. Tapi bah, aku gak peduli gitu lho. Aku cuma butuh kemungkinan . Aku butuh sebuah kemungkinan bahwa fanfic DriverXPenumpang itu ada.

Ada lagi yang bikin aku gak yakin. Masnya ini lebih sering nyinggung tentang mantannya. Menurutku mantannya ini lebih dominan di otak Mas Gojek, daripada si Mbak Penumpang yang tadi aku bilang. Dia cerita kalo mantannya nih cemburuan. Hem. Yo gak takok. Wong penumpang ae mbok chat mas, mas.

Pas udah mau sampe rumah, dia motong pembicaraan dan ngasi pertanyaan. Mungkin urgent. Aku penasaran… apa dia ngasi pertanyaan ini ke setiap penumpangnya ya? Because ada orang yang ngechat aku gini:

okay wow cool.

kembali ke percakapan q.

G: mbak… kalo kita ngomong, mbatin gitu, “wah orang ini cantik,” itu gimana mbak?
AJ: iyaaa
G: LOH SAYA ITU NANYA, KOK IYA-IYA
AJ: OALAH HAHAHAHAH SAYA GA DENGER. ULANG ULANG
G: ya kalo ada orang cantik, trus kita muji dia itu cantik, itu gak munafik kan? Gapapa kan itu?
AJ: ya gapapa lah
G: gak selingkuh kan?
AJ: YA ENGGAK LAH
G: ooooo oke siap

Dan yaudah the conversation ended ketika aku melihat pager putih milik rumahku. Im not really sure apa hikmah dari perjalanan pulangku yang itu… beda sama Pak Gojek yang pertama, Mas ini ga terlalu ngasi aku ceramah gitu. Karena ya memang kita cuma menikmati sore sih, dengan berbagai percakapan yang will eventually be forgotten. He won’t remember me for sure. Terlintas di benakku buat ngesave nomernya dia buat ngeliat WA nya dia tapi okay no, stalking is soooo not me, jadi gausah.

Okay now I really don’t know what to say. Udah malem banget. Aku ga nyangka bakal nulis sampe 2 jam. Sampe 2000 kata. Lebih tepatnya 2346 kata. Oke sekarang 2350 kata. Dan aku udah eneg Turkish delight aku ga sanggup makan nasi lagi, so let’s end it and let it be it for the rest of the night. AND GOOSSHH lampunya sudah dimatiin, meaning I’m the last one awake, so yaudah. I dunno. Guess im going to bed.

Catch you later, I guess?

AAAAAA THANK YOU FOR READING I LOVE YOU GUYS SO MUCH

Popular posts from this blog

Aku Tidak Ingin Mati Dengan Tenang

Lihat Khianat & Lihat Khianat 2.0