Misteri Surabaya Tubuh Teduh

Selamat malam. Sedikit larut, memang. Entahlah akan ada yang membaca atau tidak. Untuk sementara, aku tak peduli. Aku hanya ingin membuat kenangan siang tadi kekal. Oh iya, hal yang terakhir aku makan adalah biskuit malkist lapis cokelat yang aku makan bersama kopi. Hubungannya dengan tulisan kali ini????? Aku rasa... ya... jangan lupa bawa jas hujan kalau sudah masuk November-Desember. Hindari masuk angin. Masuk angin menghambat imajinasi.

Yuk, mulai cerita.

Jadi tuh hari ini, Jumat ini, mata kuliah Etika Sosial dan Politik ditiadakan. Aku berniat pulang cepat karena... entahlah. Aku sedikit lelah. Tapi karena virus judi sedang bertebaran di kampus, dan bermain kartu menjadi salah satu adiksiku--- maka aku tunda, lah, jam kepulanganku. Ya, habis, seru banget, sih. Aku dan anak-anak main 24. Tapi angkanya diganti terus. Bisa 22, bisa 0, bisa 53, dan terakhir tadi 87. Gimana saya gak tertantang, ya nggak?

Kepanikan anya junor baru lahir ketika awannya mendung. Oke. Anya junor mulai bisa berpikir jernih. Bukannya aku harus pulang ya? Akhirnya ia pesan gojek dan siap-siap pulang.

Ordernya diambil, dan drivernya langsung telfon. Seperti biasa. Aku mengangkat seperti biasa. 'Halo' dan 'saya di parkiran motor FISIP' dan sebagainya. Tapi kali ini, driver gojekku perhatian. Dia tanya:

"Mbak, apa nggak di cancel aja? Saya ga bawa mantel ini... takutnya mbak nya kehujanan. Soalnya sudah mulai mendung ini, gimana mbak?"

NAH.

The problem is, anya junor adalah pribadi yang saaaangat nyatek. Saaangat mudah tertantang dan mudah menerima tantangan. Apalagi kalau soal cuaca. Beuh. Entah sudah berapa kali anya junor taruhan, dan sudah berapa kali anya junor menang. Pasalnya, anya junor yang irreligius dan tidak percaya dengan sistem doa ini, hanya akan berbicara pada alam semesta a.k.a berdoa ketika ia memiliki kebutuhan yang mengharuskan ia untuk menggeser hujan sedikit.

(Saya sadar betul dengan bilang kayak gini saya bisa dikategorikan sebagai riya', dan saya bakal dosa besar, tapi apa boleh buat, saya kan gak percaya dosa. HAHAHAHAHAHA. Paling hukumannya ya doanya gak dikabulkan lagi. Tapi saya ga peduli. Saya cuma mau bilang, kalau kalian berdoa, itu sebenernya bisa kok diwujudkan secara instan. Kata siapa gak bisa instan.)

Oke kembali ke saya yang dikasih warning sama pak gojek bahwa kita berdua berpeluang untuk kehujanan.

Sebenernya tuh ya, aku suka hujan-hujanan. Banget, malah. Aku ga keberatan kalo disuruh naik motor tanpa jas hujan, dalam kondisi hujan deres. Bahkan, sebenernya, sekarang ini ya... tiga hari ini... Rabu-Kamis-Jumat, aku kehujanan terus. MUNGKIN sebenernya karena aku sengajain kayak gitu:))) aku sudah tahu kalo kondisinya gerimis. Dan of course, udah ditawarin ngiyup (berteduh) juga tapi aku kekeuh. Aku sombong dan percaya bahwa aku bisa sampe rumah dalam keadaan kering. Toh aku ya sering dikejar hujan dan selamat. Pasti aku bisa kabur dari hujan lagi.

Tapi ya gak bisa, lah. Kuasa ya tetep kuasa Tuhan.

Jadi yaudah. Aku pasrah. Hari Rabu sih yang parah. Itu aku dari kampus ke restorannya budheku kan ya, di Bratang, dan jaraknya Dharmawangsa ke Bratang tuh deket banget aslinya, paling cuma 4-5 kilo, udah gitu tinggal lurus aja kan, jadi aku ngeliat gerimis ya santai-santai aja. Egois sih ini aslinya. Kan driverku juga ikut keujanan ya hahaha:( ya salahnya ga bawa jas ujan. Salahnya dapet penumpang naksir hujan.

Sampe Bilka itu mulai dueres. (Deres banget maksudnya). TRUS TANGGUNG, KAN. Aku suruh terobos aja tuh ujan. Aku udah panik aja tuh mentolo masukin HP ke baju tapi inappropriate banget kan. Mboh lah aku pokoknya ga sadar kalo ternyata aku basah buwanget. Aku turun dari gojek tuh masih mikir. "Masuk gak ya?"

Untungnya restorannya lagi sepi gitu kan, gaada orang, cuma ada waitress 1, ngeliatin aku. Aku pengen di luar aja nunggu bajuku berhenti netesin air, tapi gaada kursi gaada meja aku jadi kayak pengemis:") kan apa banget gitu. Jadi yaudah aku masuk, kan. Langsung buka tas dan keluarin isinya. Menyelamatkan HP buku charger dan segala macem itu lah. Trus aku buka kerudung. Buka kemeja.

Si mbaknya udah ngeliatin aku gitu kan ya... dengan ekspresi kayak... THE FUCK????!!!!!! ETA TEH SAHA gitu kan dan aku cuma senyum gitu:")))) pas akhirnya ditanyain: nunggu temennya, mbak? AKU BARU SADAR KALO TERNYATA DIA GAK KENAL AKU. DIA ORANG BARU. Padahal aku kan berkali-kali kesini elaahhh ini rumah sodaraku kayak rumahku sendiri keleus!!

Yaudah dengan awkwardnya aku bilang: mbak... saya itu keponakannya yang punya ini.
Dia: oalah..... *masih bingung*
Aku: hehe iya mbak
Dia: oalah
Aku: (ini kenapa dia bilang oalah dua kali duh canggung bangsad) (buka kaos kaki dll)
Dia: (megangin buku menu sambil ngeliatin dengan jarak 3 meter)
Aku: (sadar kalo dia butuh pembuktian) ....... kok sepi? lagi ada di atas semua ya?
Dia: iya
Aku: kakak kya sudah pulang?
Dia: mbak kya siang tadi sudah ada di rumah
Aku: ooooohhh gitu ya
Dia: mbaknya pulang kuliah ta?
Aku: iya mbak
Dia: oalah hehe
Aku: iya hehe

FAAAAAAQQQQ FREQUENTLY ASKED KWESTYENSSS FAQ FAQ FAQ AKU INGIN TERTAWA TAPI TYDUCK BISAAAAA sungguh awkward sekali if i could rate my awkwardness i would give it a TEN. THOUSAND.

So anyway aku langsung ke atas, pinjem baju, dan mandi dan yaudahlah ya urusan itu selesai.

Kemudian hujan-hujanan di hari Kamis. Kali ini gak sengaja. Aku ga tau kalo ternyata masih gerimis. Aku berangkat dari rumah jam setengah 6, mau ke Grand City, which is probably 8 km from my house... DAN STUPIDLY: setengah 6 kan rush hour jadi aku kena gerimis di macet-macetnya jalan raya gitu. Ga terasa sih. Emang ga terasa.

Tapi kok adem jg y huhuhuhuhu.....:(

Pasti ada minimal setengah jam aku di jalanan. Ini termasuk lama kalo dalam ukuran Surabaya. Apalagi naik motor. Yaallah itu pantat udah kayak telenan aja. Capek di jalan. Pas masuk mall baru kerasa. Ini kenapa air hujan jadi mengendap di baju saya ya...... kenapa agak berat ya bajunya...... dan kenapa lembab sekaly kulyt sy.

Oke itu udah lewat. Not so special. Kalo dibandingin sama yang tadi, masih pegelan yang tadi. Karena nunggu hujan, karena ngiyup itu tadi lho, ada paling aku SATU JAM DUDUK DI MOTOR ini rekor buat seorang anya junor. Maaf ya saya emang lemah. Jadi post ini saya dedikasikan kepada teman-teman saya yang rumahnya di Sidoarjo dan Gresik, yang setiap hari PP, pulang-pergi dari rumah ke kampus.... yang kalo diitung-itung berarti perhari menempunh jarak 44 kilo meter.... (rumah ke kampus 22 km. Dikali dua karena PP.) Sumpah. A n d a    D e w a   T r a n s p o r t a s i   D a n   P e r h u b u n g a n .

Duh sampe mana tadi.

Oya pak gojeknya ngasih peringatan bahwa kita bisa kehujanan. Nah pas di telfon itu aku bilang, "ah nggak papa kok, Pak. Deket." LOOOLLLL gundulmu deket. Kalo deket ga naik gojek dah gw, Jungkir balik dah sampe Jojoran y g.

Gak lama paknya dateng. Aku naik ke motornya dengan penuh suka cita. Yeee pulang cepet. Yeee mendung, gak gosong. Yeee bisa nonton film. Yeee tuhantu ye tuhantu bapaknya meninggale jadi hantu.

NAH TERNYATA GAK LAMA GERIMIS, KAN. KARMEN TUH UDAH GERIMIS. BAYANGIN YA ITU LAMPU MERAH, BELOK KANAN, KARANG MENJANGAN YA, BARU 1 KM DARI KAMPUS UDAH KENA UJAN. Oke aku mencoba santai. Paknya minta ngiyup tapi aku bersikeras untuk tetep jalan. Itung ya. Satu.

Trus sampe perempatan mau ke Menur. Lampu merah kan. Orang kanan-kiriku tuh udah ada yang pake jas ujan. Aku melihat ke atas. Mau ngeliat awan. Mau bilang he jancok raimu "bantu aku tolong." Tapi awannya gak njawab. Aku liat ke atas itu kacamataku kena rintik-rintik air. Shyiet. Paknya nanyain aku lagi, "gak papa ta, mbak?" Dan sebagai anya junor yang keras kepala, aku jawab iya gak papa. Itung lagi. Dua.

Nah itu melewati Menur dan nyampe ITS Vokasi itu weeesss bleesss teles. Basah kuyup, red. Aku butuh 3 detik untuk mengakui kebodohanku, kemudian akhirnya menyetujui Paknya yang minta neduh dulu. Huft. Yaudah yaudah. Aku kalah. (Masih gak ikhlas ini sebenernya).

Hal yang pertama aku lakukan pas ngiyup itu adalah bilang ke grup kalo ketakutanku akhirnya terwujud:

*TARIK NAFAS*

*BOLD ITALIC UNDERLINE CAPSLOCK*

BERTEDUH DENGAN ORANG ASING.

Aslinya judul puisiku itu. Pas di TKP aku bikin tulisan ini, judulnya masih itu. Aku baru ganti jadi bagian dari Misteri Surabaya itu pas udah sampe rumah. Aku baru sadar kalo tulisanku nyinggung jalanan Surabaya dan berkaitan sama hujan JADI TUNGGU APA LAGI YAKAN yaudah Misteri Surabaya The Series berjalan lagi, yey.

Aku ga niat berpuisi sih awalnya. Pengen mainan Minecraft aja sambil nunggu. Tapi trus aku ngeliat banyak banget orang yang nasibnya kayak aku. Kehujanan. Emang sih sebagian besar pake jas ujan... tapi mereka semua kehujanan. Kedinginan. Sama aja gitu lho. Sama kayak aku!! Dan mereka semua punya cerita. Aku tau itu. Aku bisa liat.

Gatau kenapa minggu ini aku jadi aneh banget sumpah. Jadi peka. Extremely peka. This is amazing in a creepy way. Aku kayak jadi orang autis. Autism itu gitu kan. Peka banget. Hmmm. Aku kayak di film Catwoman tapi yang Halle Berry, tau gak sih???? Yang barusan hidup lagi dari kematian trus dia kayak bisa ngeliat sayapnya burung yang jauh banget trus liat laba-laba dan sebagainya.... nah ya itu.

THATS SO ME. Aku kayak merasa punya superpower. Thats exactly how i feel like, to be honest. The only difference is i dont feel that sexy. I mean like THAT sexy. I mean i feel sexy but not that sexy. So anyway this is what i sense:

1. Aku ngeliat permukaan pohon yang kasar dan dilumuri air hujan.
2. Aku ngeliat seperempat bagian dari daun kering yang ngalir ngikutin arus.
3. Aku ngeliat daun gede yang mantuk-mantuk karena posisinya pas di paralon, tempat air hujan ngalir dari genteng.
4. Aku denger decitan sendalnya orang-orang.
5. Aku denger tralis yang kalo kena air tuh bunyinya cempreng.
6. Aku denger langkah kaki semua orang di jalanan becek.
7. Aku gak lihat semut!

dan itu semua baru yang aku lihat di kampus. Wajar aja kan jadinya kalo aku sampe bisa bikin 2 tulisan dari berteduh di teras rumah orang ini????? Serius deh banyak banget orang-orang unik di kota ini. Aku masih ga paham sama nenek-nenek yang aku lihat tadi. Aaahhh dia bener-bener ga pake pelindung apa-apa. Jaket engga, apalagi jas ujan. Dan dia ngayuh dengan pelannya gitu menerobos banjir.... aku cuma ga habis pikir kenapa kok dia berkelana sendirian. DAN NAIK SEPEDA. Shit. Aku kayak ngeliat diriku sendiri in 60 years.

Anyway semua tokoh yang aku gambarkan di tulisan di bawah ini, itu beneran ada. Beneran aku lihat. Aslinya lebih banyak lagi yang aku lihat tapi ga mungkin aku tulis semua kan. Yaaa salah satunya orang-orang ini. Dan kalo aku boleh bilang, hehehe, sebenernya, hehehehehe, aku tadi jatuh cinta. Hm. Kayaknya sih. Tapi ga terlalu penting. Karena apa? Ya... aku ga akan ngeliat anak itu lagi gitu, lho, Dan kalo pun kita ketemu, aku gak akan tau. Karena aku lupa sama mukanya. Nih puisiku yang spontan aku buat tentang dia:

Maaf y berupa SS-an hehe karena ini video.

So anyway i knew you guys wouldnt believe that he is ganteng tapi sumpah dia ganteng dan AKU GA BISA ZOOM MUKANYA. GABISA FOKUS. Seolah.... semesta tuh bilang: "udah lah. Kamu ga akan ketemu dia lagi. Bentar lagi dia juga jadi blur di otakmu. Jadi plis ya, Junor, perasaanmu itu ada. Tapi kemungkinan kalian untuk bertemu lagi itu fana."

Boom.

Ya sudah. And by the time i got finished with the video, i lifted my phone again just to see that he has gone off from my space.....

Hiks.

Okay whatever. Ini pengalaman berteduh dengan orang asingku yang paling berkesan. Lets cut it all off okay. Langsung aja baca tulisanku. I hope you enjoy things like this. Hehehe this is how i write and what i write about. Jangan lupa cuci gelas teh kalo habis diminum karena kalo engga nanti semut.





MISTERI SURABAYA TUBUH TEDUH

.

Berteduh dengan orang asing itu tidak romantis. Driver ojek onlineku ingin cepat pulang. Aku bersikeras bahwa banyak yang bisa kita lihat dari teras rumah orang.

Aku melihat tubuh anak SD yang menyerupai tempurung kura-kura--- bersembunyi di balik punggung ibunya. Jas hujan berkibar, dan jari gemetar. Aku melihat celana merah yang tak cukup panjang untuk melindungi betisnya.

Aku melihat nenek-nenek dengan rambut disanggul rapi, memakai kantong kresek berbentuk topi. Bersepeda tanpa alas kaki, wajah pasrah walau dingin setengah mati.

Aku melihat becak. Si ibu penumpang seolah berada dalam ruang tertutup--- kering, syukurlah. Dengan melihat saja, aku bisa mendengar rintik hujan yang berparade di atap becak. Karbon dioksida bersirkulasi, menemani si ibu dengan dua dus barang jualan yang tak terselamatkan.

Supir becaknya sendiri kehujanan. Baju basah, celana basah, topi basah, yang kering hanya raut wajah--- menerpa hujan di Manyar yang padat.

Tak akan lupa ia, tanggal segini dia pernah mandi siang-siang. Yah, walaupun tak sengaja, dan di tengah jalan raya. Dan nanti tak akan dimarahi istrinya, bahwa sampai jam 11 malam belum mandi juga. Yah, walaupun itu juga karena bekerja, sampai larut malam bahkan pagi buta.

Karena hujan aku berfantasi, tapi siapa bilang berteduh dengan orang asing itu romantis?

Driver ojekku memikirkan anak dan istri. Bukannya rindu atau apa--- angin-angin begini, yang hangat otomatis terlintas dalam hati.

Aku duduk diam di jok belakang dan berpuisi. Bukannya aku harap adalah punggungmu di depanku ini--- tapi mendung-mendung begini, matahariku otomatis mengambil alih jemari.

Mustahil bagi huruf-huruf di otakmu untuk merangkai namaku. Mustahil bagimu untuk tahu, tentang kakiku yang beku dan perasaanku.

Bodohnya, aku masih berani menatap awan untuk mencari jawaban. Aku bertanya-tanya. Menelan konyolnya kekhawatiranku, awan tertawa.

Tapi angin bergeming...

"Apa kabar dengan tubuhmu yang kering?"

.

Surabaya, 24/11/17
#DontListenToJunor
#MisteriSurabayaTheSeries





Ini gatau kenapa jadi nulis tentang gojek terus tapi apa boleh buat, saya digonceng 2 orang asing setiap hari, dan i cant deny that aura setiap orang itu berbeda, dan masing-masing punya cerita dan PASTINYA bakal ngasih aku pengalaman yang beda walaupun perjalananku dari kampus ke rumah itu pasti gak berubah.

Di Raya Menur itu kan ada playgroup, ada SMP-SMA IPIEMS juga, kalo SD gatau deh SD apa. Mungkin aku yang salah lliat dan salah menafsirkan bahwa si anak TK itu sebenernya anak SD. Pokoknya itu jalan rame banget pada pulang sekolah semua.

Tapi aku yakin sih sebenernya kalo ada SD di sekitar situ... entahlah. Pengetahuanku tentang nama jalan dan ruang-ruang publik di sekitarnya agak rendah. Tapi yakin sih aku, kalo pas neduh kemaren itu ada 2 anak SD, cewek cewek, ikut berteduh juga trus ngeluarin jas ujan yang buat tas itu lho, tau kan? Dan sambil tertawa riang gitu semacam membungkus tas mereka supaya buku-bukunya gak basah. Trus mereka ya jalan kaki lagi. Rangkul-rangkulan. Pergi dari hadapanku.

Aku juga ngeliat berbagai macam becak. Semuanya ada penumpangnya. Tau nggak sih pintunya becak yang terbuat dari plastik itu? Terbuat dari apasih???? Salah apa bener sih aku:") pokoknya yang buat melindungi penumpangnya gitu, dan aku bisa bayangin kalo aku ada di dalamnya aku bakal sedikit kehabisan oksigen karena sirkulasi udaranya nggak lancar. ADUH COK TAK GOLEKNO FOTONE AE, SEK.

Gambar 1.1 Private room dalam transportasi becak.
Sumber: tab sebelah.

Anjir sok-sokan banget gw nulis pake caption segala. Sorry guys. Anak teknik emang gini hehe.

Teknik Penulisan Ilmiah.

OKE HEHE ABAIKAN. LANJUT. Jadi tuh intinya ga cuma motor aja yang pake jas hujan. Becak juga pake kan???? Dan disini aku ingin mengabadikan apa yang aku lihat siang itu. Ada yang ibu-ibu sama anaknya, ada yang satu orang dengan satu kantong belanjaan (asumsi semata, karena di Menur ada pasar dan itu itungannya masih pagi lah), trus ada yang... gajelas isinya apa karena berembun dan aku tidak dapat melihat ke dalamnya... dan lain-lain. Yang paling nusuk itu pas ngeliat supir becaknya sih. Wetseh supir. Bikos tukang is lame. OK FOKUS pokoknya dia ga pake jas ujan dan aku ngerasa kayak... haduh pak ntar sakit lhoooo dooohhh:")

Ini kenapa jadi panjang banget ya. Oke sori. Intinya seperti itu. Banyak hal yang dapat dilihat dari satu frame. Dan pada hari itu, frameku adalah sudut Raya Menur, di teras rumah orang, kondisi hujan deras. Aku menyukai kesialanku. Aku jadi tambah sayang sama semesta.

I think thats it. Fakta gapentingku sudah selesai. HORE. I would write here more often. I guess im getting used to this. Dan this itu apa? Shitposting. Definitely.



Okay good night, lonely people. Sweet dreams.

Thats the only place where you could find sweet things, dont u think?








ya enggak lah cok. di warung ada AICE yang manis dan murah. satu hari bisa beli 5. ayolah. dont be so pathetic HAHAHAHAHAHAH

Popular posts from this blog

Aku Tidak Ingin Mati Dengan Tenang

Lihat Khianat & Lihat Khianat 2.0

2013 and the Bookworm disease.