Misteri Surabaya Basah Kuyup // Misteri Surabaya Hujan Bunga

Oke sejujurnya aku tidak punya tenaga untuk nulis post:( aku lapar. Seharusnya aku sudah makan sekarang. Di meja makan ada ayam bakar yang sangat lezat tapi kita harus makan bareng Mommy dan Lonceng Cinta itu selesainya setengah 8.

Teruntuk kalian yang menyukai puisiku, dan bilang puisiku bagus, namun tak mengerti pesan yang aku sampaikan------------- JANGAN KHAWATIR. Aku adalah penulis bertanggung jawab yang tidak akan membiarkan imajinasi pembaca mengubah cerita dari karyaku.



MISTERI SURABAYA BASAH KUYUP
oleh anya junor

oh, Gusti,
hujan-Mu itu pertanda apa?

masa, kata orang,
pertanda mantan sedang menangis?

ah, mantanku sih, tidak.
dia itu sempurna! membawa matahari kemanapun dia ada!

kemarin malam hujan, tuh,
dan dia malah tertawa lepas,
mengadah ke langit, minta air terjun!

ah, Gusti,
tentu saja dia minta begitu.
wong pacarnya tengah berteduh di dekapnya.

9 oktober 2016,
saat kucingku kehujanan.

via Sajak Liar
11 Oktober 19:56



Jadi, beberapa saat sebelum aku membuat puisi ini, aku membaca sebuah post di Sajak Liar, tentang hujan. Comment-nya macam-macam. Namun, ada satu yang membuat aku mengerutkan kening:

Pertanda mantan sedang menangis.

Ah. Gimana ya? Menurutku, hujan tak se-melankolis itu. Hujan tidak membawa kesedihan. Hujan bukan pertanda langit menangis. Apalagi mantan menangis.

Satu-satunya hal yang berbau sendu dari hujan adalah penikmatnya--- yang begitu mengagung-agungkan rasa sepi.

Jadi, aku memutuskan untuk membuat puisi tentang orang yang begitu menikmati hujan, dan hujan-hujan setelah itu pun akan membawanya kepada kenangan semanis itu. Dibawah hujan sederas itu--- saling berpelukan--- entah tubuh mereka dingin atau justru panas.

Tentu saja, sebagai Cewek Paling Gentle Rayon Surabaya Timur, aku tidak akan menghilangkan unsur ngenes dari setiap karyaku. Hehehe. Bukan Anya Junor kalo nggak jleb puisinya.

Maka, jadilah itu! Misteri Surabaya basah kuyup!

Mengapa basah kuyup?
Jawab: Karena mantan si penyair ini berharap hujannya tak kan pernah berhenti… DAN AAHHH LALU KEPEK SAMA SI PENYAIR:(

Eh! Bukan aku loh, ya. Aku setia. Nggak punya mantan.

LANJOT!!!



MISTERI SURABAYA HUJAN BUNGA
oleh anya junor

Pengumuman! Pengumuman!
Ada tukang parkir tidak becus
di supermarket daerah Rungkut

Mobil-motor tak terlihat olehnya
ia terjebak di dalam
karpet kuning raksasa
ala pohon Angsana
yang bunga-bunganya, walau masih bayi,
berguguran dengan jail

tidak, tidak!
setiap dari mereka... harus ia sapu!

.

Pengumuman! Pengumuman!
Ada tukang becak biang kemacetan
di ujung jalan Tunjungan

Parade klakson tak terdengar olehnya
ia terjebak di dalam
aspal bersalju putih
oleh Tabebuya: pohon kembaran Sakura
yang bunga-bunganya, walau setipis kapas,
berguguran dengan ikhlas

iya, iya!
setiap dari mereka... harus ia pungut!

.

Pengumuman! Pengumuman!
Ada Camaba sombong
di Terminal 2 bandara Juanda

Sudah buta, tuli pula,
percuma sepanjang Ahmad Yani tadi
kau melihat keluar kaca
dan tidak bertanya: sejak kapan di Surabaya
tumbuh pohon tinggi dengan bunga pink,
berguguran tanpa henti

aduh, kamu itu!
setiap dari mereka... mencegahmu pergi!

.

Pengumuman! Pengumuman!
Ada penyair lugu dengan rok abu-abu
di suatu celah dalam hatimu

Membuat list nama-nama bunga
yang ia kirim via doa kepada-Nya
"Mas, ayolah, Mas!
Surabaya sedang cantik-cantiknya!"
namun kau tetap memilih pergi
untuk cari ilmu tanpa henti

aku yakin, alam merasakan kehilanganku, membuat
setiap bunga yang mekar di Surabaya... gugur seketika

13 Oktober 2016

via Sajak Liar
13 Oktober 19:21


Ini aku kaget banget karena langsung dipost. Biasanya beberapa hari! Alhamdulillah.

Oke, ehem. Kalau puisi yang ini separuh true story, dan separuh fiksi yang fresh dari otak Anya Junor yang penuh kisah nyesek. Aku terinspirasi dari cewek-cewek yang ditinggal pacarnya kuliah ke luar kota.

Jadi, pas pulang sekolah, aku liat sepanjang jalan kenangan Frontage, itu penuh bunga. Dan itu… aku sampe… speechless, cuma bisa ngeliatin dari dalem kaca mobil tanpa bilang apa-apa. Bagus pol. Pohonnya kecil sih, tapi lebat banget, bukan sama daun, tapi sama bunga! Putih dan pink. Jauh lebih cantik dari Kendall gaes.

Aku udah niat mau bikin puisi tentang ini… tapi ceritanya apa?............ buntu

Pas nyampe Jemur Andayani, akhirnya mamaku nyadar kalo jalan pulang kali ini beda sama jalan pulang kemaren.

Mommy               : loh, kak, liat kak!!! (sambil nyetir)
Anya junor          : apa
Mommy               : bunga!!!!!
Anya junor          : DARI TADI MOM
Mommy               : liat deh bagus banget!!!
Anya junor          : iyaaaaa dari frontage tadi kakak udah----
Mommy               : (ngelewatin pohon bunga lagi) LOOHH KANN
Anya junor          : ----liat
Mommy               : yaampun bagus banget
Anya junor          : ……..
Mommy               : tuh kak
Anya junor          : …………………
Mommy               : kak coba ambil deh
Anya junor          : HAH
Mommy               : iya ini lho ada lagi
Anya junor          : ambil?????????
Mommy               : (berenti di sebelah pohon bunga)
Anya junor          : (nggak bergerak)
Mommy               : …….
Mommy               : nggak usah deh. (pergi)
Anya junor          : (menghembus nafas lega)

Mommy kemudian bilang kalo itu adalah pohon sakura yang ditanam bu Risma. Memang mirip sekali dengan Sakura. Sepanjang jalan aku mikirin puisiku tentang bunga ini.

Pas hampir sampe rumah, di Indomaret Point, aku  liat tukang parkirnya itu bukannnya bantuin ada mobil mau parker, tapi malah nyapu. Tau nggak sih, bungayang kecil-kecil, warna kuning????? Pohonnya XXXXL tapi bunganya XXXXS? Kayaknya salah satu pohon yang wajib ditanam di jalanan Surabaya.

TUKANG PARKIRNYA NYAPU. DAN. Rasanya hopeless banget karena bunganya udah gugur dimana-mana dan seolah lahan parkir Indopoint itu dicat kuning. DAN BANYAK ANGIN.

Aku langsung.

Omg.

Ide yang bagus!!!!!! Terima kasih pak tukang parkir!!!!!! Terima kasih Tuhan!!!!!

Aku pulang langsung nulis di meja belajar daaaannnn….

Jadi deh! Misteri Surabaya hujan bunga!!!

Kenapa hujan bunga?
Jawab: karena cewek SMA ini akan ditinggal pacarnya kuliah, dan dia berdoa kuat-kuat supaya MUNGKIIIIN ENTAH GIMANA CARANYA, Surabaya jadi cantik, sampe bikin si pacarnya ini enggan ninggalin kota kelahirannya……

Aw. Kasian.

Sekiranya itu lah pesan tersirat yang akhirnya aku suratkan. Sisanya kapan-kapan yah!!!!!!


Anya Junor melaporkan untuk NET.



BTW. Aku barusan makan ayam kremes + sambel + OF COURSE kemangi jugaaakk!! Uenak pol, tapi bukan itu yang mau aku pamerin.

Jadi, ada yang namanya overnight oat, yaitu oat yang ada buah keringnya (kismis & pisang), direndem susu di gelas kaca, lalu taruh kulkas!!!! Dan itu dimakan buat sarapan pagi, yaampun uwenak pol.

Nah, ini kan makanan diet ya, karna sehat lalala gapake gula, tapi karena aku masih muda dan aku nakal, jadi aku rendem susu coklat hehehehehehehehehe TAPI BUKAN SUSU COKLAT YANG CAIR. Aku pake bubuk cocoa yang pait itu, dikasih gula buwanyak ehehe gak urus. Diaduk pake air panas dikit trus kalo udah larut baru campur sama susu full cream.

Buset.

Ternyata uwenak pol dan aku yang tadinya mau sharing (karena bikin banyak) jadi gak ikhlas:') akhirnya aku habisin sendiri.

THE END.

DICOBA YAAAA!!!!

Anya Junor melaporkan untuk Masterchef Indonesia.


Popular posts from this blog

Aku Tidak Ingin Mati Dengan Tenang

Lihat Khianat & Lihat Khianat 2.0